Daftar kunjungan

Senin, 01 Februari 2016

PERANAN TIK DALAM PERGURUAN TINGGI



            Di perguruan tinggi salah satu tujuan kita yakni untuk merubah paradigma di perguruan tinggi antara pengajaran dan pembelajaran. Dari segi kata tidak terlihat perbedaan yang mendasar namun pada aplikasi, antara pengajaran dan pembelajaran sangat jauh perbedaanya dari segi aplikasi. Pengajaran erat kaitanya dengan teacher center yaitu proses belajar yang berorientasi pada guru. Guru yang memegang peranan penting dalam proses pembelajaran sehingga menuntun anak pintar dan banyak tahu. Pada pembelajaran teacher center ini bersifat parsial yang hanya ruang lingkup pembelajaran berada di kelas dan menggunakan media kertas. Pada pembelajaran ini sangat membutuhkan fasilitas fisik. Sedangkan pembelajaran erat kaitanya dengan pembelajaran student center pembelajaran berpusat kepada anak didik.kata pembelajaran menganut paham kontruktivitis yang mempunyai makna membangun pengetahuannya sendiri melalui eksplorasi, dan pada pembelajan ini anak diharapkan untuk cerdas (mampu menyelesaikan masalah), kreatif dan kritis.

            Pembelajaran bersifat holistic dan dapat dilakukan dimana saja yang membutuhkan jaringan. Pada sistem pendidikan nasional di Indonesia memiliki visi dan misi serta tujuan yang hendak dicapai. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan juga nilai-nilai budaya dan filosofi pendidikan agar tujuan yang hendak dicapai sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku di Indonesia. Aspek aspek tersebut ialah konten kurikulum yang mencakup ICT sebagai ilmu pengetahuan, proses belajar dan mengajar ICT sebagai ilmu yang membantu pembelajaran, fasilitas dan sarana dan prasarana dimana ICT sebagai fasilitas pendidikan, sumber daya manusia dimana ICT sebagai standar kompetensi, administrasi lembaga pendidikan dimana ICT sebagai penunjang administrasi pendidikan, manajemen dan kebijakan pendidikan dimana ICT sebagai alat bantu manajemen sekolah,dan insfrastruktur dan Saprastruktur pendidikan dimana ICT sebagai infrastruktur pendidikan.
            Pendayagunaan ICT pada pendidikan melalui tahap emerging, appliying,  integrating. ICT di perguruan tinggi bertujuan untuk meningkatkan prestasi akademik mahasiswa,meningkatkan daya saing perguruan tinggi, meningkatkan mutu dan akses perguruan tinggi (INHERENT), dan meningkatkan cita perguruan tinggi. Jika ditinjau dari nilai praktis ICT banyak memberikan manfaat praktis bagi pimpinan, dosen, tenaga pendidik, serta mahasiswa sehingga pembelajaran tidak monoton namun komunikasi dua arah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar